Diet tktp pada ppok pdf

Kondisi malnutrisi akan menambah mortaliti PPOK karena berkolerasi dengan derajat penurunan fungsi paru dan perubahan analisis gas darah. Aktiviti sebelumnya terbatas meskipun terapi sudah maksimal Malnutrisi sering diet tktp pada ppok pdf pada PPOK, kemungkinan karena bertambahnya kebutuhan energi akibat kerja muskulus respirasi yang meningkat karena hipoksemia kronik dan hiperkapni menyebabkan terjadi hipermetabolisme.

Daftar Pantangan dan Anjuran Makan untuk Penderita PPOK

Riwayat Medis: Memberantas infeksi dengan antimikroba. Web MD.

Fisioterapi, terutama bertujuan untuk membantu pengeluaran secret bronkus. Cardiology and Pulmonology. Tujuan edukasi adalah supaya pasien PPOK mengenal perjalanan penyakit, melaksanakan pengobatan yang maksimal, mencapai aktiviti optimal dan meningkatkan kualiti hidup.

Latihan pernafasan, untuk melatih penderita agar bisa melakukan pernafasan yang paling efektif c. Kebiasaan merokok pada bapak H menjadi salah satu factor resiko terpenting, jauh lebih penting dari factor resiko lainnya.

Diet Tinggi Kalori Dan Tinggi Protein (Tktp

Pneumonia, maka digunakan ampisilin 4 x 0. Membersihkan sekresi bronkus 3. Namun, selama beberapa minggu terakhir nafsu makan Bapak H menurun. Pasien dengan PPOK pada umumnya mengalami penurunan berat badan yang disebabkan adanya peningkatan kebutuhan energi dimana energy tersebut digunakan untuk bernafas dan akibat dari adanya penurunan nafsu makan menyebabkan penurunan terhadap asupan makan.

Namun hanya dalam hari selama periode eksaserbasi. Anda bisa berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi untuk membantu Anda membangun rencana diet sehat. Memberi rekomendasi asupan yang tidak memberatkan kondisi paru-paru pasien 2.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa pasien dengan PPOK mengalami kesulitan bernafas dan hanya mendapatkan sedikit oksigen untuk memenuhi fungsionalitas organ.

Sedangkan rendahnya kadar hemoglobin dan hematokrit berhubungan dengan kurangnya konsumsi makanan yang kaya akan protein dan zat besi.

Enteral Formula Selection: Mengatasi bronkospasme dengan obat bronkodilator. Laki-laki Tanggal: Selain itu, Sesak napas merupakan gejala yang sering dikeluhkan pasien terutama pada saat melakukan aktivitas.

Kegagalan fungsionalitas paru-paru yang terjadi pada pasien dengan PPOK disebabkan adanya kista di paru-paru yang dapat pecah. Anker, et al. Pertahankan berat badan sehat Anda harus berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi menyangkut tujuan berat yang tepat dan jumlah kalori yang tepat bagi Anda.

Dia juga memperhatikan adanya kebutuhan terhadap penggunaan 2 bantal akibat adanya orthopnea bentuk gangguan seperti dyspnea dimana pasien hanya dapat bernafas dengan nyaman saat ia duduk atau berdiri tegakpembengkakan di kedua ekstremitas bawah. Dianjurkan pemberian nutrisi dengan komposisi seimbang, yakni porsi kecil dengan waktu pemberian yang lebih sering, bila perlu nutrisi dapat diberikan secara terus menerus nocturnal feedings dengan pipa nasogaster.

Etisa Adi Murbawani, M. Terapi eksaserbasi akut di lakukan dengan: Gambaran Kasus Keterangan Pasien: Gol kedua akan tetap dengan lemak tinggi, diet karbohidrat rendah sehingga RQ-nya tetap rendah dan memiliki lebih sedikit karbon dioksida dalam tubuh.

Bab 21 Disease of The Respiratory System. Selain itu, hindari makanan yang mengandung terlalu banyak lemak atau rendah nilai gizinya. Penanganan terhadap komplikasi-komplikasi yang timbul g.

Selain itu, mineral bertanggung jawab terhadap proses kontraksi otot seperti kalsium Ca dan magnesium Mg yang penting untuk dimonitoring karena seluruh kontraksi otot perlu bernafas.

Diet Pada Penyakit Paru

Pathogenesis Penatalaksanaan Medis 1. Dapat diakses melalui: RQ untuk karbohidrat adalah 1, lemak adalah 0. Nutrition Diagnosis No. Kebutuhan protein seperti pada umumnya, protein dapat meningkatkan ventilasi semenit oxigen comsumptiondan respons ventilasi terhadap hipoksia dan hiperkapni.

Penambahan konsumsi kalori dan protein dilakukan dengan memberikan penambahan lauk dan susu. Asupan cairan Daya terima makanan Asupan cairan berdasarkan inadekuat NI Gagal jantung Terutama kor-pulmonal gagal jantung kanan akibat penyakit paruharus diobservasi terutama pada klien dengan dyspnea berat.disadari oleh pasien Batuk kronis pada PPOK bisa juga muncul tanpa adanya dahak.1 Faktor risiko PPOK berupa merokok, genetik, paparan terhadap partikel berbahaya, usia, asmjta/ hiperreaktivitas bronkus, status sosioekonomi, dan infeksi.

Riwayat Penyakit Pada penderita PPOK baru diketahui atau dipikirkan sebagai PPOK, maka riwayat penyakit yang perlu diperhatikan diantaranya: • Faktor.

Jenis diet: TKTP rendah karbohidrat Karbohidrat ↓ Metabolisme KH menghasilkan >> CO2 dibandingkan nathalie-masson.comd % dr total kalori Asupan lemak s.\referensi\guide nutrition in chronic disease. Asupan KH diturunkan s.d. 40% Protein % Pemberian kalsium melalui diet atau suplementasi untuk menggantikan kehilangan Ca akibat penggunaan kortikosteroid Def zink suplementasi.4/5(4).

memiliki IMT antara 18, dan pada waktu hamil dianjurkan menaikkan berat badannya 11, kg. Perempuan dengan IMT. Pada prakteknya cukup banyak penderita bronkitis kronik juga memperlihatkan tanda-tanda emfisema, termasuk penderita asma persisten berat dengan obstruksi jalan napas yang tidak reversibel penuh, dan memenuhi kriteria PPOK.

PENGATURAN DIET TKTP Untuk menambah konsumsi kalori dan protein tambahkan bahan makanan dari lauk pauk dan susu Pemberian makan dalam bentuk porsi kecil dan sering diberikan. Tujuan diet TKTP Memberikan makanan secukupnya atau lebih dari pada biasa untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalori.

Untuk mengetahui berat badan yang normal. Bagi orang dewasa digunakan Indek MasaTubuh (IMT). anak sekolah. Maksudnya. jumlah makanan khusus kebutuhan protein dan kalori dibutuhkan dalam jumlah lebih dari pada kebutuhan biasa.

Diet tktp pada ppok pdf
Rated 4/5 based on 81 review